Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya

Penyebab asam urat dan cara mengatasinya - Penyakit asam urat merupakan penyakit yang saat ini banyak diderita oleh masyarakat kita. Saat ini penyakit asam urat tidak hanya diderita oleh orang yang berumur diatas 40 tahun saja, tetapi yang berusia 35 tahun juga sudah banyak yang terserang penyakit ini.

Jangan pernah meremehkan penyakit yang satu ini, karena apabila kita sudah terkena penyakit asam urat ini saat kondisi sedang meradang maka rasa sakitnya yang akan dirasakan sangatlah luar biasa.

penyebab asam urat tinggi dan cara mengatasinya




Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya


Sebenarnya ada 2 faktor utama yang menjadi penyebab seseorang menderita penyakit asam urat. Yaitu penyebab primer dan juga sekunder, untuk penyebab primer ini berasal dari dalam tubuh kita sendiri sedangkan penyebab sekunder merupakan faktor eksternal dari luar tubuh kita.

  • Penyebab Primer merupakan faktor yang berasal dari dalam tubuh akan tetapi belum bisa diketahui secara pasti penyebab primer ini, apakah dikarenakan karena faktor genetika dan ketidak seimbangan hormonal didalam tubuh dan bisa juga disebabkan oleh sudah terganggunya fungsi ginjal sehingga tidak bisa lagi mengeluarkan zat purin yang merupakan penyebab sakit asam urat tersebut.
  • Penyebab Sekunder ini merupakan penyebab yang datang dari luar tubuh, hal ini biasanya dikarenakan pola hidup tidak sehat yang kita jalani sehari-hari. Contohnya seperti pola makanan kita yang tidak dijaga. Sering mengkonsumsi makanan yang mengandung purin tinggi bisa menyebabkan asam urat dalam tubuh kita meningkat.
Salah satu penyebab asam urat tinggi dalam tubuh meningkat juga bisa disebabkan oleh penyakit darah, misalnya penyakit sum-sum tulang dan polisetemia, penyebab lainnya yang sering terjadi juga karena obesitas (kegemukan) dan sering menkonsumsi obat-obatan seperti diuretik dan aspirin.


Diagnosa Penyakit Asam Urat

Apabila kamu merasakan secara tiba-tiba rasa kesemutan yang diikuti dengan rasa nyeri dan linu pada bagian sendi. Tidak hanya itu, pada bagian yang terasa nyeri pun akan membengkak, memerah dan terasa panas. Rasa sakit yang dirasakan pun luar biasa dan sangat sensitif terhadap sentuhan benda lain. Apabila sakitnya sudah mereda, pada bagian kulit yang bengkak akan mengelupas. Sebaiknya segera pergi ke dokter apabila tanda-tanda tersebut dirasakan pada tubuh kamu.

Untuk mendiagnosis penyakit asam urat ini, Dokter akan memeriksa kandungan kristal-kristal natrium urat pada tiap persendian ditubuh kamu. Biasanya sebelum melakukan tes tersebut dokter akan menanyakan riwayat kesehatan kamu dan gejala-gejala yang dirasakan seperti :

  • Tempat dan lokasi sendi yang dirasakan sakit
  • Seberapa cepat gejalannya muncul
  • Apakah sedang mengkonsumsi obat-obatan tertentu
  • Seberapa sering gejala tersebut muncul
  • Apakah ada anggota keluarga yang terkena penyakit gout (asam urat)

Cara Mengatasi Asam Urat

Berikut ini beberapa bahan herbal alami yang bisa dijadikan sebagai ramuan untuk mengatasi asam urat yang tinggi.

1. Ramuan cengkeh dan ubi jalar

Untuk membuat ramuan ini caranya sangatlah mudah, ambil 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1 jari kayu manis, 5 gr biji pala, 15 gr jahe merah,1000 ml air, dan 200 gr ubi jalar. Cara membuatnya yaitu : rebus semua bahan yang ada kedalam air 1000 ml, didihkan hingga tersisa hanya setengahnya saja. Kemudian saring dan minum air nya, untuk ubu jalarnya sendiri silahkan dimakan secara langsung.

2. Buah Pare

Sediakan 1 pare dan 2 gelas air. Cara membuatnya, buang bijj pare, kemudian cuci bersih buah are dan potong kecil-kecil, kemudian rebus dengan 2 gelas air. Didihkan hingga setengahnya, lalu diamkan sampai dingin, minumlah air rebusan tersebut secara rutn sehari sekali.

3. Daun Salam

Ambil 10 lembar dun salam dan 2 gelas air. Cuci 10 lembar daun salam tersebut sampai bersih, kemudian rebus degan 2 gelas air sampai mendidih hingga air tersisa 1 gelas. Diamkan hingga dingin, dan minumlah secara rutin sehari 2x.

4. Tekokak dan leunca
Tekokak dan lenca bisa kita olah menjadi sayuran dan bisa dihidangkan sebagai lauk ketika kita makan, Usahakan konsumsi sehari 2x.

Demikianlah informasi mengenai penyebab asam urat dan cara mengatasinya, semoga menjadi manfaat kepada para pembaca sekalian.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penyebab Asam Urat dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment